Artikel Lainnya

Tanghulu Agar Kehidupan Terasa Lebih Manis

Apr 02, 2018

Setiap orang pasti mendambakan hal-hal yang manis, maka dari itu Etnis Tionghoa percaya bahwa menyajikan Tanghulu akan membawa kehidupan terasa lebih manis. Tanghulu adalah manisan yang berasal dari buah-buahan yang dikristalkan. Tanghulu juga dipercaya mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Konon pada zaman Dinasti Song, ada seorang thabib yang menyembuhkan Selir Raja hanya dengan manisan buah yang di kristalkan dengan Gula. Sejak saat itu, banyak Masyarakat Tionghoa yang rutin membuat Tanghulu.

Tanghulu biasa disajikan untuk tamu yang berkunjung saat menjelang Tahun Baru, tapi kalau di Beijing, Tanghulu adalah jajanan yang dijual di sepanjang jalan di Wangfujing –tempat perbelanjaan seperti The Place dan Xindongan. Tanghulu menjadi makanan kegemaran untuk anak-anak kecil saat musim panas, dingin, dll.

Cara membuat Tanghulu sangatlah mudah, hanya dengan buah-buahan segar seperti strawberry, anggur, cherry, dll. Pertama cairkan gula pasir satu gelas dengan air satu gelas hingga menggelembung. Lalu celupkan buah-buahan ke dalam cairan gula, setelah itu celupkan ke air dingin agar cepat mengkristal. Sebelum itu, buah yang mau dicelupkan harus di bentuk satai, di tusuk ke tusukan sepanjang 20cm, bersusun. Setelah semua selesai, masukan ke dalam frezzer.  Dan Tanghulu siap disantap! (Aspertina)

Sekretariat Aspertina
EightyEight@Kasablanka Building Floor 32nd Unit A
Jl. Casablanca Raya Kav. 88
Jakarta 12870. INDONESIA

Phone :+62 21-29820200. Fax : +62 21-29820144

Copyrights © 2011-2016. Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia. All Rights Reserved.